Selasa, 12 April 2011

Latihan Gabungan (LatGab) PMR SMP N 8 Tanah Grogot



 Secara umum PMR merupakan wadah pembinaan dan pengembangan yang dilakukan oleh Palang Merah Indonesia (PMI). Palang Merah Remaja (PMR) merupakan organisasi kepemudaan yang berpusat di sekolah-sekolah yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan dasar mengenai kesehatan umum dan pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K).

PMR memiliki 3 tribakti yaitu Meningkatkan keterampilan hidup sehat, berkarya dan berbakti kepada masyarakat serta mempererat persahabatan nasional dan internasional. Dalam rangka tribakti yang ketiga, maka SMP Negeri 8 Tanah Grogot melaksanakan kegiatan Latihan Gabungan (LatGab) bersama anggota PMR dari SMP Negeri 5 dan SMP Negeri 2 Tanah Grogot. Tujuan dilaksanakannya Latgab ini tidak lain untuk mempererat tali silaturahmi antar anggota PMR dari berbagai kalangan, berbagi pengalaman antar organisasi PMR dari berbagai sekolah serta dapat digunakan sebagai ajang pengembangan bakat dan kreativitas baik di bidang tarik suara, teater dan lain sebagainya.

Latgab ini sendiri dilaksanakan pada tanggal 2 April 2011 di halaman SMP Negeri 8 Tanah Grogot. Latgab ini tidak hanya dihadiri oleh anggota PMR masing-masing sekolah saja melainkan juga didampingi oleh Pembina masing-masing. Untuk SMP N 8 di damping oleh Normayani Mindra Ningsih, SE, kemudian SMP N 5 di damping oleh Lilis Sumarni S.Pd dan SMP N 2 di damping oleh Lailatul Qudriyah, S.Pd. sementara dari pihak PMI di wakili oleh Dody Apriadi.

Latgab ini dibuka oleh Pembina PMR dari SMP Negeri 8 Tanah Grogot selaku tuan rumah. Selama kegiatan berlangsung masing-masing sekolah menampilkan bakat vocal grup dari para peserta. Selain itu juga disampaikan materi mengenai Kepalang Merahan secara umum oleh Dody Apriadi selaku wakil dari PMI cabang Tanah Grogot. Dia akhir acara guna menghilangkan jenuh dan untuk saling mengenal antar peserta Latgab maka diadakanlah berbagai permainan yg tidak hanya berbasis kegembiraan saja melainkan juga dapat mengasah otak dan kerja sama antar peserta.

Untuk ke depannya kegiatan seperti ini akan terus dilanjutkan guna memajukan PMR masing-masing sekolah, lanjut Normayani. Rangkaian kegiatan selanjutnya yang direncanakan adalah bakti social di daerah Pasir Mayang dalam bentuk pembagian obat Abate gratis. Kegiatan ini sendiri ditujukan untuk membagun rasa solidaritas dalam diri siswa anggota PMR, jelasnya. (Tw)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar