Rabu, 21 Desember 2011

TIPE-TIPE GURU

Kita semua pasti pernah atau mungkin sedang dalam masa-masa sekolah. Yang pasti semua orang pasti memiliki banyak guru dengan berbagai ilmu dan juga karakter. Ada yang nyenengin ada juga yang nyebelin, tapi ada juga yang sedang-sedang aja.

Dulu waktu sekolah, ingat banget kalau guru yang asyik pasti ditungguin jamnya, lambat datang dijemputin gurunya, tapi kalau yang galak,,hohohoho....temen2 pada banyak yang kabur, gak lain gak bukan "bolos". Tapi sebenarnya ada juga lho guru yang galak tapi asyik juga. 

Sebenarnya karakter guru itu ada macam-macam lho, yuk kita intip :
  1. Guru yang fleksibel, guru jenis ini luwes dengan segala perbedaan (artinya mereka bisa menerima keberagaman siswa) sehingga mampu menumbuhkan segala potensi siswa.
  2. Guru yang optimis, guru jenis ini menganggap semua siswa itu memiliki potensi dan setiap anak adalah pribadi yang unik. Keyakinan guru bahwa interaksi yang menyenangkan dalam pembelajaran akan mampu memfasilitasi siswa untuk berubah menjadi lebih baik dan akan berdampak pada perkembangan karakter yang positif.
  3. Guru yang respect, guru jenis ini biasanya memberikan contoh tingkah laku yang baik di depan siswa dengan harapan siswa tersebut dapat mencontoh dan mengambil nilai2 positif dari setiap gerak kerik guru.
  4. Guru yang cekatan, guru yang satu ini umumnya aktif dan dinamis. Mereka akan berusaha mengikuti keaktifan siswa demi pencapaian hal2 positif bagi siswanya.
  5. Guru yang humoris, guru tipe ini sudah pasti banyak siswa yang suka. Humor2 yang selalu dilontarkan disela2 pelajaran akan berguna untuk menyegarkan suasana dan membuat pembelajaran lebih menyenangkan.
  6. Guru yang inspiratif, guru yang dapat memfasilitasi siswa untuk menemukan hal2 baru yang belum diketahui oleh siswa.
  7. Guru yang lembut, guru tipe ini juga banyak disukai siswa, umumnya ditemui pada siswa TK dan SD. Guru jenis ini mengejarkan nilai2 cinta yang akan mempererat hubungan guru dan murid.
  8. Guru yang disiplin, nah.. gak banyak siswa yang suka dengan guru tipe ini, soalnya bikin keder.. Disiplin tidak selalu identik dengan hukuman, tapi mendorong siswa untuk menjadi sosok yang bertanggung jawab.
  9. Guru yang responsif, guru tipe ini umumnya lebih up to date dengan hal2 yang baru untuk menunjang pembelajaran, misalnya facebook, blog dan sebagainya.
  10. Guru yang empatik, guru yang dapat memahami siswanya baik kelebihan dan kekurangannya secara individual.
  11. Guru yang ngefriend dengan siswa, sudah pasti guru jenis ini fansnya seabreg-abreg. Kedekatan dengan siswa menjadikan ikatan tidak hanya sebagai guru tapi juga sebagai teman.
  12. Guru yang penuh semangat, guru ini selalu memancarkan semangat 45' ketika mengajar.
  13. Guru yang komunikatif, guru yang pintar mengatur komunikasi yang baik dengan siswa.
  14. Guru yang pemaaf, sudah pasti guru yang selalu memaafkan kesalahan siswa apapun bentuknya, dengan harapan siswa dapat manarik hikmahnya.
  15. Guru yang sanggup menjadi teladan, mungkin ini yang sulit dilakukan. Menjadi teladan berati mencakup semua karakter di atas.
Nah, kalian suka guru yang mana?
Silakan pilih guru2 favorit kalian di sekolah ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar