Rabu, 11 April 2012

RAJA JEONGJO


  
 
Raja Jeongjo (1752–1800) merupakan raja ke-22 Joseon. Ia membuat beberapa upaya untuk mereformasi dan meningkatkan negara Joseon. Ia mewarisi tahta kakeknya Raja Yeongjo (1724–1776) dan digantikan oleh putranya Raja Sunjo (memerintah pada tahun 1800–1834). Ia secara luas dianggap sebagai seorang pemimpin dan visioner yang sukses di Joseon bersama dengan Raja Sejong (Nich raja yang di Princess Man ma The Moon That Embrace The Sun).

Ia merupakan putra Pangeran Sado yang dihukum mati oleh ayahnya sendiri, Raja Yeongjo (anaknya Dong Yi). Ibunya, Lady Hyegyeong, menulis sebuah biografi, The Memoirs of Lady Hyegyeong (한중록, 閑中錄), menceritakan kehidupannya sebagai Putri Mahkota Korea yang bernasib buruk. Koleksi memoirs ini menyediakan sumber informasi sejarah yang berharga tentang kejadian politik selama masa pemerintahan Raja Yeongjo, Raja Jeongjo dan Raja Sunjo. 

Kira-kira ada gak ya...drama saeguk yang menceritakan Ratu Hyegyeong. Saya penasaran, seberapa menderita sich hidupnya. Apa di masa itu politik Joseon bener-bener kacau ya... ^_*

Ketika ia masih menjadi seorang Putra Mahkota, Raja Jeongjo bertemu dengan Hong Guk Yeong seorang politisi yang kontroversial yang mulanya mendukung kenaikan tahta dan bekerja keras untuk meningkatkan kekuasaan raja namun akhirnya diusir karena kerakusannya akan kekuasaan.

Saya menduga si Hong Guk Yeong ni beda-beda tipis ma Perdana Mentri Yoon di Moon Embrace The Sun. Karena keserakahan dan kelicikannya, akhirnya dia berakhir di tangan Pangeran Yang Myung

Jeongjo menghabiskan banyak waktu mencoba untuk membersihkan nama ayahnya pada masa pemerintahannya. Ia juga memindahkan istana ke kota Suwon supaya dekat dengan makam ayahnya. Ia membangun Benteng Hwaseong untuk menjaga makam tersebut.

'' ini keliatan banget di dua saeguk yang saya tonton, Painter of Winds & Sungkyunkwan Scandal. Di Painter of Winds raja Jeongjo memerintahkan dua pelukis berbakat Shin Yoon Bok dan Kim Hong Do untuk mencari misteri lukisan pangeran sado yang hilang. Hampir mirip dengn SKKS di drama ini Yoon Bok juga seorang wanita yang menyamar sebagai pria agar dapat mewujudkan bakatnya sebagai pelukis. Tapi endingnya kurang memuaskan buat saya."

"Sementara di drama Sungkyunkwan Skandal, raja Jeongjo memerintahkan Jangeum Kuartet (Kim Yoon He, Lee Sun Jon, Go Young Ha, Mon Jae Shin) untuk mencari Geum Deung Ji Sa. Dalam kisah inilah Raja Jeongjo memindahkan ibu kota ke Suwon dan membangun benteng hwaseong. Tetapi untuk melindungi Kim Yoon He, Raja Jeongjo memusnahkan Geum Deung Ji Sa".

Raja Jeongjo memulai kebangkitan baru era Joseon dengan menggunakan kebijakan Tangpyeong. Ia berusaha mengontrol semua politik negara untuk kepentingan nasional. Di masanya juga, ia membangun Kyujanggak (perpustakaan kerajaan), dimana kyujanggak ini berfungsi untuk membina para sarjana-sarjana berbakat untuk menjadi pejabat tanpa memperdulikan status sosial mereka.

Raja Jeongjo tutup usia di tahun 1800 secara misterius dan digantikan oleh putranya Raja Sunjo.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar